Jumat, 21 September 2007

Tahapan klasifikasi UFO Sighting

Dalam penyelidikan yang lebih formil, "UFO - Unidentified Flying Object" tidaklah selalu dengan tepat mewakili setiap "fenomena benda terbang janggal" yang terdeteksi. Lazimnya, sebelum penelitian menjurus dengan pasti kearah kemungkinan fenomena penampakan UFO, istilah yang lebih tepat untuk dipakai adalah "UAE - Unexplained Aerial Phenomena". Nah kalau sudah terkonfirmasi sebagai UFO Sighting, barulah masuk ke tahap klasifikasi strata UFO sighting.

Jadi tahapan pengerucutannya adalah sebagai berikut:

Kejadian » UAE » UFO Sighting » Strata UFO Sighting

Penjelasannya begini;
  • Kala teramatinya suatu "kejadian" di langit, konfirmasikan dulu, atau hadapkan dulu terhadap serangkaian pertanyaan "filter", untuk memastikan apakah kejadian tersebut merupakan fenomena biasa (baik alamiah maupun buatan), atau termasuk fenomena yang tidak memiliki penjelasan ilmiah yang memuaskan? Jika yang pertama, berarti ia termasuk ketegori fenomena biasa, jika tidak, berarti ia termasuk UAE.
  • Setelah dikonfirmasikan sebagai UAE, maka hadapkan lagi data-data yang ada terhadap serangkaian pertanyaan "filter", untuk memastikan apakah kejadian tersebut memang termasuk fenomena yang tidak terjelaskan, atau memiliki ciri-ciri khas dari penampakan UFO? Jika yang pertama, berarti statusnya tetep UAE, jika yang kedua, berarti ia termasuk UFO Sighting.
  • Setelah dikonfirmasikan sebagai UFO Sighting, silakan dihadapkan kembali terhadap standarisasi strata (tingkatan) UFO Sighting, dan berdasarkan standar yang mana? Hynek, Vallee, atau lainnya?
Untuk lebih jelasnya soal klasifikasi Hynek & Vallee, bisa diliat sekilas disini:
http://id.wikipedia.org/wiki/Piring_terbang#Piring_terbang

Atau silakan Googling. (bay)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar