Kamis, 15 November 2007

Berita: Sinar Aneh di Langit Batam


Dari Kompas Cyber Media
[http://www.kompas.com/ver1/Iptek/0711/13/141253.htm]

(Special thanks to Ade for noticing)

Berbentuk Garis Vertikal Sejajar

Sinar Aneh di Langit Batam

Laporan wartawan Tribun Batam, Agus Prihartanto
BATAM, PERSDA - FENOMENA sinar aneh muncul di langit Batam. Beberapa warga bertanya-tanya sinar apakah itu. Sementara pihak Stasiun Meteorologi Hang Nadim juga belum bisa menjelaskan secara pasti. Fenomena tersebut berbentuk dua buah sinar vertikal yang sejajar. Kedua sinar ini mulai muncul hari Senin (12/11) sekitar pukul 21.00 WIB di langit sebelah utara. Anehnya sinar berwarna kuning kemerahan tersebut tidak bergerak.

Adanya sinar ini membuat beberapa warga keluar rumah. Dengan dihinggapi pertanyaan, mereka melihat fenomena alam tersebut. "Sinar apa itu ya. Kok tidak bergerak," ungkap seorang warga.

Ada juga warga yang beranggapan jika sinar tersebut erat kaitannya dengan mistik. "Mungkin itu semacam keris pusaka. Berarti keris kembar," ungkap warga lainnya dengan nada keheranan.

Fenomena itu bisa terlihat jelas di Batuampar. Cuaca malam itu memang sangat mendukung karena tidak terdapat mendung sedikitpun. Apalagi bintang-bintang di langit juga bisa terlihat dengan jelas.

Seorang warga mencoba memastikan apakah sinar tersebut juga bisa dilihat dari wilayah lainnya. Dengan telepon selular, seorang warga mencoba menghubungi saudaranya di Legenda Malaka. "Coba keluar rumah. Lihat di langit sebelah utara ada sinar aneh. Mari kita berdoa agar tidak terjadi sesuatu. Semoga Allah melindungi kita," ungkap bapak itu.

Keberadaan sinar tersebut memang membuat bingung. Untuk beberapa saat, sinar tersebut sempat redup. Namun kembali terlihat. Satu setengah jam kemudian, kedua sinar sejajar ini meredup dan tidak terlihat lagi seperti garis sejajar, namun bayangannya masih ada.

Sejauh ini belum diperoleh penjelasan ilmiah akan fenomena itu. Kepala Kelompok Pemantauan Cuaca. Stasiun Hang Nadim Batam belum bisa menjelaskan secara pasti."Sayangnya dari tempat saya tidak terlihat. Tapi dari penjelasan saudara, itu bukan bintang," ungkap Yayat.

Yayat sendiri tidak yakin jika sinar tersebut merupakan fenomena alam. "Kalau fenomena itu seperti halo matahari, pelangi. Tapi saya juga belum melihat pelangi di malam hari," ungkapnya.

Caption foto:

[Tribun Batam/Iman Suryanto] Penampakan - suatu penampakan di langit pada hari Senin tanggal 12 November 2007 jam 21.00 hingga 22.30 di langit Batam yang menghebohkan warga. Belum diketahui benda apakah itu.

COMMENTS:

Tanpa informasi yang lebih jelas, akan mudah untuk "menuduh" negara tetangga kita, Singapura atau Malaysia sebagai dalang dibalik fenomena ini, apalagi penampakan terjadi di langit sebelah Utara. Semestinya yang ikut diwawancarai adalah pihak Bandara, karena mereka memiliki kemampuan penginderaan elektronik yang cukup canggih.

Berita juga tidak menyertakan deskripsi yang lebih mendetail, misalnya perkiraan ketinggian, atau minimal derajat penampakan terhadap horizon/kaki langit. Setelah melihat foto barulah cukup jelas kalau penampakan tersebut terjadi cukup tinggi di langit, berdasarkan posisi penampakan terhadap ujung tiang telepon.

Anyway, bisa diliat kalau response sebagian masyarakat masih bersifat sangat mistis... =)

Kemungkinan UFO: C+ (faktor negara tetangga belum dieliminir, bandara tidak dimintai konfirmasi)
(bay)

12 komentar:

  1. kalau misalnya itu ulah tetangga, apa maksutnya ya?

    Btw UFO memang 'ngetrend' lagi. Gara-gara baca berita di yahoo, semalam saya ngimpi diculik alien! http://news.yahoo.com/s/afp/20071113/sc_afp/usspaceufo_071113021520

    BalasHapus
  2. Kalau ulah tetangga, mungkin emang bagian dari sesuatu yang lagi mereka kerjain, bukan prankster =)

    Yupp, UFO interest lagi ningkat lagi gara-gara Perancis secara resmi nampilin hasil penelitian mereka di situsnya: http://www.cnes-geipan.fr/geipan/.

    Ufolog AS "ikut2an", mungkin karena ngerasa kecele... lha mereka yang selama ini heboh dan berjuang mati2an buat bikin pemerintahnya admit there's "something out there", eh... malah kalah langkah sama Perancis =)

    Whatever, semoga berbuntut baik. Soalnya AS lewat serangkaian penelitian resminya (Condon Report, Project Blue Book, dll.) dah menyimpulkan kalau penyelidikan UFO ini sia-sia =P

    BalasHapus
  3. Bagi yang belum pernah melihat UFO, cerita penampakan UFO akan dianggap akal-akalan atau setidaknya orang yang melihat itu mungkin akan dianggap salah melihat sesuatu oleh orang yang lain lagi.
    Saya pribadi pernah melihatnya dan akhirnya memiliki pendapat saya sendiri tentang apa itu UFO.
    UFO adalah manusia yang datang dari masa depan, entah 500 atau 1000 tahun dari sekarang.
    Coba pikirkan, bagaimana kalau film Independence Day atau War Of The World itu benar-2 terjadi?
    Kita tidak akan menang melawan mereka.

    BalasHapus
  4. wah, menarik nih. kebetulan saya lagi nyusun tulisan soal asal-usul UFO, bisa anda jelaskan sedikit, apa mengapa dan bagaimananya, sehingga menurut anda mereka itu future mankind?

    pengalaman sightingnya boleh di-share?

    BalasHapus
  5. Bay, bener-bener baru tadi malam aku mimpi: manusia diserang oleh sekelompok makhluk berbentuk manusia juga tp sebenarnya bukan (nggak jelas, entah hantu, jin apa aliens)...lalu aku dan beberapa teman diskusi, dari mana asalnya makhluk2 tersebut.

    Dan seseorang bilang gini: Manusia menempati hanya sekitar 30% dari seluruh permukaan bumi. Kamu pikir, siapa yang menguasai the rest 70 %?? THEM! (those makhluk)

    halah...nggak nyambung ya Bay...maap...:p

    BalasHapus
  6. Kalaupun iya, "Them" udah bakalan ngobrak-ngabrik peradaban manusia karena time after time, our species keeps on ravaging their territory =)

    Kalo di Al-Qur'an, yang bisa masuk kategori "Them" itu palingan Jin. Kalo yang ini bener, jumlah mereka lots more than human's.

    BalasHapus
  7. Iya, kalau jin saya percaya...tapi lebih dari human? wow...ini saya baru tahu...

    Eh kalau nggak salah di buku Dialog dengan Jin, disebutkan juga bahwa UFO dan segala isinya itu sebenarnya akal-akalannya jin juga? Termasuk misteri di segitiga bermuda?

    BalasHapus
  8. let's just say that's one of the theories. kalo mau pasti tentunya harus di cross-check, nah ini yang rada sulit, harus nangkep UFO dulu then di-interogasi =)

    btw, terminologi "jin" sendiri dalam Al-Qur'an, is not just "mahluk halus" or dedemit, tapi kaum yang "tersembunyi" dibalik tabir. ini yang masih belum dipecahkan secara ilmiah

    jumlah mereka lebih banyak dari manusia? surely. apalagi kaum jin bisa idup sampe ratusan tahun.

    BalasHapus
  9. Sebenernya alien itu manusia alias diri kita sendiri.
    karena manusia itu berasal dari sel-sel kecil yang terlempar ke bumi saat terjadi "Big Bang" dan berevolusi

    BalasHapus
  10. berarti Bumi telah ada pada masa Bing Bang?

    BalasHapus
  11. bukankah jagad raya ini amat luas,terdiri dari ribuan galaksi dengan kumpulan tata surya? yang bisa diamati manusia saja "baru" 17 miliar tahun cahaya,dan karena keterbatasan teknologi, manusia baru bisa mengamati,belum bisa mendeteksi apa yang terdapat di dalam galaksi dan planet2 tersebut. bisa jadi di dalamnya terdapat kehidupan yang lain,selain di bumi kita.
    inilah sebuah misteri yang sulit terpecahkan,hanya Tuhan yang tahu

    BalasHapus
  12. ... dan kita baru sedikit-sedikit saja mempelajari rahasia alam semesta ini...

    cuma herannya, banyak kalangan ilmuwan yang merasa alam lah yang harus masuk kepada bingkai kebakuan yang mereka tetapkan atas nama "science", bukan ber-rendah diri bahwa bisa jadi alam masih menyimpan banyak kejutan untuk kita

    BalasHapus