Rabu, 10 Desember 2008

Berita: UFO Sighting di Petukangan Selatan, Jakarta

Baru saja tayang di RCTI sekitar jam 00.00 tadi.

Saksi mata bernama Jufri, bersama seorang temannya pada hari Senin malam sekitar pukul 8:30 malam melihat formasi cahaya aneka warna di langit diatas rumahnya. Formasi tersebut berupa tujuh titik cahaya aneka warna yang kerlap-kerlip, bergerak pelan kemudian melayang stasioner. Setelah dua-tiga menit formasi cahaya lalu menjauh dan menghilang.

Tak berapa lama kemudian formasi cahaya tersebut kembali muncul, kali ini berupa delapan titik cahaya.

Ada rekaman video nya, tujuh titik sinar dengan formasi belah ketupat (empat dan tiga) berwarna oranye, putih, dll. Sekilas terlihat mirip sighting UFO diatas Bandara Surabaya yang kemudian dinyatakan sebagai cahaya LED dari layang-layang. Analisis untuk sighting kali inipun tidak jauh berbeda: balon udara!

Any comments? (bay)

21 komentar:

  1. Kejadian na pas kpn yah??
    Pas mlm takbiran[idul adha] ya??

    BalasHapus
  2. Kutipan dari Okezone:

    http://news.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/12/09/1/172074/ufo-mampir-di-langit-jakarta/ufo-mampir-di-langit-jakarta

    UFO Mampir di Langit Jakarta
    Rabu, 10 Desember 2008 - 07:02 wib
    Kemas Irawan Nurrachman - Okezone

    JAKARTA - Sebuah benda asing atau biasa dikenal unidentified flying object (UFO) terlihat di Jakarta. Fenomena ini terekam dalam sebuah kamera yang dikirimkan pemirsa RCTI pada Senin 8 Desember kemarin.

    Video berdurasi singkat tersebut menggambarkan sejumlah titik cahaya dan bergerak beliuk-liuk di langit malam Jakarta. Dalam video tersebut juga menggambarkan, cahaya tersebut bergerak memutar dan berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

    Namun salah seorang peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasiona, Sri Loka Prabotosari saat dikonfirmasi redaksi RCTI, belum bisa memastikan apa benda asing tersebut.

    Berdasarkan penelusuran okezone, Rabu (10/12/2008), penampakan UFO bukanlah yang pertama. Sebelumnya, 6 Januari lalu salah seorang pengguna internet bernama hasbrothers mengirimkan video rekaman yang diduga sebagai UFO.

    Rekaman berjudul 'Ufo Jakarta??' tersebut kini beredar di youtube. Hasbrothers diduga diambil menjelang senja. Pasalnya, benda berukuran bundar tersebut terbang dari satu tempat ke tempat lain dengan latar belakang awan memerah. (kem)

    BalasHapus
  3. Kutipan dari Okezone, tentang komentar Bosscha:

    http://news.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/12/09/1/172075/bosscha-tidak-ada-benda-asing-dalam-sepekan-ini/bosscha-tidak-ada-benda-asing-dalam-sepekan-ini

    Bosscha: Tidak Ada Benda Asing dalam Sepekan Ini
    Rabu, 10 Desember 2008 - 08:01 wib
    Kemas Irawan Nurrachman - Okezone

    JAKARTA - Kepala Observatorium Bosscha Lembang, Taufik Hidayat mengatakan selama sepekan ini tidak melihat adanya tanda benda asing yang mendekat di langit Jakarta.

    "Yang saya tahu, selama (sepekan) ini tidak ada benda asing yang melintas di langit," kata Taufik saat dihubungi okezone di Jakarta, Rabu (10/12/2008).

    Dia juga mengaku, belum mendengar jika ada benda asing yang melintas di langit Jakarta. "Saya belum tahu itu," tandasnya.

    Taufik juga enggan berspekulasi, apakah susunan cahaya tersebut adalah UFO. "Saya tidak bisa berkomentar kalau belum lihat. Nanti akan saya cek dulu ya," tegasnya.

    Sebelumnya, salah seorang pemirsa RCTI di kawasan Petukangan Selatan, Jakarta Selatan, mengirimkan rekaman benda asing yang diduga sebagai UFO pada Senin 8 Desember lalu. Sementara itu dalam penelusuran okezone, sebuah benda berbentuk bundar terlihat di langit Jakarta pada 6 Januari lalu. (kem)

    BalasHapus
  4. Kutipan dari Okezone, penuturan Jufri:

    http://news.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/12/10/1/172215/jufri-rekam-ufo-saat-bakar-sate/jufri-rekam-ufo-saat-bakar-sate

    Jufri Rekam UFO Saat Bakar Sate
    Rabu, 10 Desember 2008 - 11:47 wib
    K. Yudha Wirakusuma - Okezone

    JAKARTA - Salah seorang warga Jakarta melihat adanya benda asing atau biasa dikenal unidentified flying object (UFO) yang terbang di atas langit Petukangan, Jakarta Selatan.

    Warga Petukangan, Jufri (38), sempat merekam fenomena tersebut melalui kamera handphone dan diunggah ke situs youtube.

    Saat ditemui okezone di Jalan Pesanggrahan 3 Perumahan Pesanggrahan Permai, Jufri menceritakan fenomena tak biasa itu dilihatnya saat dia bersama enam orang kawannya sedang membakar daging sate kurban di Petukangan Selatan RT 11 RW 05, Senin 8 Desember.

    "Senin malam, kira-kira pukul 21.45 WIB, saya melihat benda aneh berwarna oranye seperti sinar," kata Jufri, Rabu (10/12/2008).

    Dia dan beberapa kawan lantas memperhatikan ke arah langit. Mereka pun mulai berspekulasi mengenai adanya benda asing di udara yang dikenal dengan UFO.

    "Teman saya bilang kalau itu balon gas, terlalu jauh remote-nya. Sinar dari benda itu kelap-kelip berwarna oranye," tandas Jufri.

    (nov)

    BalasHapus
  5. Masih dari Okezone, penuturan Jufri lainnya:

    http://news.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/12/10/1/172217/jufri-ada-sinar-oranye-jalan-beriringan/jufri-ada-sinar-oranye-jalan-beriringan

    Jufri: Ada Sinar Oranye Jalan Beriringan
    Rabu, 10 Desember 2008 - 11:49 wib
    K. Yudha Wirakusuma - Okezone

    JAKARTA - Warga Petukangan Selatan, Jakarta, Jufri (38), yang merekam fenomena adanya benda asing yang biasa dikenal sebagai unidentified flying object (UFO) di langit Jakarta mengatakan ada sinar kelap-kelip warna oranye.

    "Kira-kira pukul 21.45 WIB, saya melihat ada benda asing terbang dan bentuknya bukan seperti pesawat. Ada 7 benda mirip UFO. Warna sinarnya oranye kelap-kelip," kata dia saat ditemui okezone di Jalan Pesanggrahan 3 Kompleks Pesanggrahan Permai Jakarta, Rabu (10/12/2008).

    Selang 3 sampai 5 menit kemudian, lanjut Jufri, ada lagi sekitar 8 yang berjalan beriringan. "Tak lama, ada lima lagi yang datang dan terlihat jelas sekali. Kayak iring-iringan," kata warga yang beralamat di RT 11 RW 05 Petukangan Selatan, Jakarta.

    Namun dalam waktu 15 menit. Sinar-sinar tersebut tiba-tiba menghilang. Fenomena ini tak disaksikan Jufri sendiri. Dia bersama enam orang temannya sedang membakar sate kurban, Senin 8 Desember lalu.

    Saat melihat adanya benda aneh di langit Jakarta ini, Jufri segera merekam dengan kamera handphonenya. Pria yang sehari-hari bekerja sebagai kameramen di sebuah production house dan party organizer ini mengunggah hasil rekamannya malam itu ke situs youtube.
    (nov)

    BalasHapus
  6. Dari Okezone juga, komentar LAPAN:

    http://news.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/12/11/1/172483/lapan-belum-pastikan-ufo-mampir-di-jakarta/lapan-belum-pastikan-ufo-mampir-di-jakarta

    LAPAN Belum Pastikan UFO Mampir di Jakarta
    Kamis, 11 Desember 2008 - 08:31 wib
    TB Ardi Januar - Okezone
    Foto: dok RCTI

    JAKARTA - Fenomena heboh tentang benda angkasa (UFO) yang mampir di atas langit Jakarta beberapa waktu lalu, belum bisa dipastikan kebenaranya. Apakah benda tersebut meteor atau hanya sampah benda angkasa.

    "Kami belum tahu soal benda itu. Masyarakat menyebut UFO karena mereka tidak tahu apa benda yang jatuh tersebut," ujar peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN), Sri Loka Prabotosari, dalam perbincangan dengan okezone per telepon, Kamis (11/12/2008).

    Menurutnya, fenomena serupa kerap terjadi di Indonesia. Namun, tidak selalu benda yang jatuh adalah UFO atau komet, melainkan hanya sampahan atau patahan dari salah satu satelit.

    "Orang banyak yang terkecoh, mereka menduga itu UFO padahal bisa saja hanya sampahan satelit. Saat ini di angkasa terdapat 12 ribu satelit dan banyak sekali sampahannya," tandas Sri.'

    Saat ini, lanjut dia, LAPAN akan mengkaji apakah benda yang jatuh tersebut adalah benda luar angkasa seperti komet, atau hanya sekadar sampahan satelit yang jatuh.

    "Kita memang belum memiliki alat khusus untuk mengamati UFO, tetapi kami memiliki software untuk mengkaji benda yang jatuh tersebut," pungkasnya.

    Sebelumnya, kabar menghebohkan terjadi pada Senin 8 Desember kemarin. Dimana salah seorang warga Jakarta berhasil merekam sebuah benda yang jatuh dari langit. Benda yang mengeluarkan cahaya itu disinyalir warga tersebut berupa UFO. (teb)

    BalasHapus
  7. Dari detiknews:

    http://www.detiknews.com/read/2008/12/10/140146/1051264/10/warga-pesanggrahan-lihat-8-titik-cahaya-aneh-di-langit

    Rabu, 10/12/2008 14:01 WIB
    Warga Pesanggrahan Lihat 8 Titik Cahaya Aneh di Langit
    Andi Saputra - detikNews
    Jakarta - UFO hingga kini masih menjadi misteri. Warga Pesanggrahan, Jakarta Selatan dihebohkan kabar penampakan benda asing tersebut di kompleks mereka. 'UFO' itu berbentuk 8 titik cahaya aneh di langit.

    Benda yang diduga UFO itu dilihat oleh Jufri (28), Radiya dan Jaya. Ceritanya, saat itu tiga sekawan itu sedang asyik nongkrong di depan rumah RT 11/05 Petukangan Selatan Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Tiba-tiba saja, 8 titik cahaya yang berkelap-kelip di langit mengalihkan perhatian ketiganya.

    "Ada 8 titik tidak beraturan. Bukan pesawat terbang karena tidak ada suaranya. Lagian titiknya tidak membentuk badan pesawat. Di sekeliling cahaya itu tidak kelihatan ada benda. Jadi gantung tak beraturan gitu," ujar Jufri di rumahnya, Rabu (10/12/2008).

    8 Titik cahaya itu dilihat Jufri dan keduanya pada Selasa pukul 21.45 WIB. Bintik cahaya itu berwarna merah bercampur oranye dan berkelap kelip. Spontan ketiga orang itu langsung merekam kejadian aneh ini melalui video kamera HP mereka.

    "Kurang lebih 3 menit, 8 titik itu hilang. Terus muncul lagi jadi 5 titik. 5 Menit terus hilang lagi, nampak lagi 8 titik. Selama 15 menit kita lihat begitu. Terus kita lihat lagi nggak muncul lagi," jelasnya.

    Menurut Jufri, malam itu langit tampak cerah. 8 Titik cahaya itu tiba-tiba saja hilang dan bergerak dari Selatan ke Utara.

    "Kecepatannya pelan," imbuhnya.

    Saat ini, keanehan cahaya itu masih menjadi pergunjingan warga Petukangan.(gus/iy)

    BalasHapus
  8. Dari MYRMNews.com:

    http://www.myrmnews.com/indexframe.php?url=situsberita/index.php?pilih=lihat_edisi_website&id=68893

    Via:
    http://mazagung.wordpress.com/2008/12/10/oh-my-god-ada-ufo-di-pesanggrahan/

    Ada UFO Melintas di Pesanggrahan
    Rabu, 10 Desember 2008, 14:44:36 WIB

    Laporan: Temmy Novian

    Jakarta, myRMnews. Seorang warga Petukangan Selatan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan mengaku melihat UFO di sekitar tempat tinggalnya.

    Warga bernama Jufri (38) yang tinggal di Rt 11/5 Petukangan Selatan itu mengaku, awalnya tak yakin kalau yang dilihatnya adalah UFO.

    Namun, setelah dilihat secara jelas melalui laptopnya, kerlip cahaya yang dilihatnya, Senin (8/12) malam lalu adalah UFO.

    Diceritakan Jufri, malam itu sekitar pukul 21.45 WIB. Saat itu, dia yang tengah duduk santai depan rumahnya seusai bakar sate kurban bersama kedua temannya, Jaya dan Radiha, tiba-tiba dikejutkan dengan kemunculan kerlap-kerlip cahaya berwarna orange berjumlah delapan bintik di langit.

    Mendapati apa yang dilihatnya itu, dia pun kemudian mengabadikannya dengan merekamnya melalui ponselnya. Sementara kedua temanya berlarian memanggil warga.

    “Sinar itu tidak hanya muncul sekali. Tapi tiga kali dengan durasi 3–5 menit. Sinar itu datang dari arah Selatan ke Utara dgan kecamatan sedang,” ucap Jufri, Rabu (10/12) siang.

    Jufri yang merupakan karyawan di sebuah perusahaan swasta itu meyakini kalau apa yang dilihatnya itu adalah UFO. Pasalnya, ciri-ciri yang ada pada kerlip itu sangat aneh.

    “Kerlip cahaya itu bukan bintang dan juga bukan pesawat karena tak ada suara. Lagian, kondisi saat itu sedang cerah. Dalam cahaya itu juga tidak ada piringan,” jelas Jufri.

    Penasaran dengan apa yang dilihatnya, Jufri pun memindahkan gambar yang direkamnya di ponsel pada laptop.

    “Di HP tak terlalu jelas, namun setelah dipindahkan ke laptop sangat jelas, seperti UFO,” katanya.

    Saking penasarannya, keesokan harinya Jufri kembali menunggu kedatangan cahaya itu di depan rumahnya. Namun nihil, cahaya yang ditunggu-tunggunya itu tak ada lagi.

    Sampai saat ini, cahaya yang diyakini Jufri merupakan UFO itu masih jadi bahan perbincangan warga setempat. [bay]

    BalasHapus
  9. Mungkin berkaitan:



    Ardanti wrote on Dec 15
    tok2, baru ajah temen kantor bercerita kalo dia Senin lalu (tgl 8 Desember 2008) malam2 lihat ada bulatan bulatan di sepanjang Kelapa Dua hingga Joglo. Sempat bengong dia, dan akhirnya sadar, jangan2 itu UFO !

    [Detail:]

    Berdasarkan info dari temen kantor :

    Bulatan sebesar apa? = lebih besar dibanding bulatan dari cahaya lampu iklan besar di jalan.

    Arah gerak, = dia bilang diam saja karena walaupun mobil dia sudah meluncur dari kelapa dua hingga joglo, bulatan2 tsb masih saja tetap berada di tempatnya.

    Kecepatan = ga bergerak

    Posisi di langit = dia bilang nampak sangat dekat,

    warna, = putih

    sinar, seberapa terang, blinking? terang

    dia yakin banget itu bukan pesawat terbang karena terasa dekaaat banget. Sampai2 sang suami yg pegang setir salah2 ucap karena begitu kaget,"UBI UBI eh UFO !!!".

    Kejadian : Hari Senin tgl 8 Desember 2008 malam hari.

    BalasHapus
  10. Mungkin berkaitan:

    http://kangbayu.multiply.com/?replies_read=322

    Ardanti wrote on Dec 15

    tok2, baru ajah temen kantor bercerita kalo dia Senin lalu (tgl 8 Desember 2008) malam2 lihat ada bulatan bulatan di sepanjang Kelapa Dua hingga Joglo. Sempat bengong dia, dan akhirnya sadar, jangan2 itu UFO !

    [Detail:]

    Berdasarkan info dari temen kantor :

    Bulatan sebesar apa? = lebih besar dibanding bulatan dari cahaya lampu iklan besar di jalan.

    Arah gerak, = dia bilang diam saja karena walaupun mobil dia sudah meluncur dari kelapa dua hingga joglo, bulatan2 tsb masih saja tetap berada di tempatnya.

    Kecepatan = ga bergerak

    Posisi di langit = dia bilang nampak sangat dekat,

    warna, = putih

    sinar, seberapa terang, blinking? terang

    dia yakin banget itu bukan pesawat terbang karena terasa dekaaat banget. Sampai2 sang suami yg pegang setir salah2 ucap karena begitu kaget,"UBI UBI eh UFO !!!".

    Kejadian : Hari Senin tgl 8 Desember 2008 malam hari.

    BalasHapus