Jumat, 18 Juni 2010

Reorganisasi BETA-UFO Indonesia

Mohon maaf kalau update tulisan mengenai UFO nya akhir-akhir ini terhenti, hal ini terkait dengan kesibukan saya terkini di BETA-UFO Indonesia dalam posisi sekarang sebagai ketua, menggantikan mas Nur Agustinus yang saat ini sedang menempuh studi Doktoralnya.

Bersamaan proses penggantian ketua ini maka berlangsung juga reorganisasi dan restrukturisasi. Berhubung komunitas BETA-UFO yang dulu saya ikut bidani ini sekarang telah berusia hampir 12 tahun, maka reorganisasi ini bertujuan untuk menyelaraskan sistem dan struktur BETA-UFO untuk bergerak lebih mantap dalam menapaki dasawarsa ke-2 dari perjalanan hidupnya. Dalam garis besarnya, yang menjadi perhatian utama saya adalah bagaimana meningkatkan partisipasi dan konversi dari para peserta milis BETA-UFO saat ini di Yahoo!Groups, sehingga BETA-UFO bisa memiliki lebih banyak motor penggerak untuk mendukung visi serta misinya dalam penyelidikan UFO khususnya, dan dalam mencerdaskan masyarakat umumnya.

Untuk menggambarkan kondisi saat ini, setelah diumumkan mengenai reorganisasi, ada 16an orang yang mau untuk maju dan menyatakan ketertarikan untuk membantu BETA-UFO dengan lebih aktif. Jumlah yang sangat kecil memang, mengingat anggota milis sekarang ini adalah sekitar 1.250 orang! Diluar dari 16 orang ini, ada juga beberapa anggota senior, termasuk mereka yang aktif selama ini bersama mas Nur, yang giat mengaktifkan diskusi di milis, berhubungan dengan media, hingga ke melaksanakan investigasi lapangan. Namun jika ditotal ada sekitar 50 orang aktivis saja, berati tingkat "konversi" milis BETA-UFO masih sangat rendah; 0.04% saja. Ini berarti, masih banyak potensi tersembunyi dari milis BETA-UFO ini yang belum tergarap.

Salahsatu cara untuk meningkatkan tingkat konversi ini antara lain, adalah dengan menyediakan fasilitas yang sesuai dengan minat dan tujuan para peserta milis ini. Dari hasil brainstorming, disimpulkan bahwa ketertarikan para peserta mailing list dalam hal ini adalah sebagai berikut:
  1. Seeking disclosure (pengungkapan), baik itu terkait isyu yang beredar mengenai UFO di dunia, maupun mengenai kenyataan UFO di Indonesia
  2. Seeking explanation, terutama mengenai apakah UFO itu sebenarnya? 
  3. Seeking information, baik mengenai beragam penampakan UFO yang terjadi (terutama di Indonesia), termasuk penjelasan mengenai pengalaman pribadi melihat UFO
  4. UFO Study, meneliti mengenai fenomena UFO ini secara general, dan berdiskusi dengan para peneliti lainnya
  5. Experience sharing, membagi pengalaman atau pandangannya terkait UFO
  6. UFO hunting, bermaksud untuk bisa melihat UFO

Jika digabungkan dengan misi dan semangat dari BETA-UFO sendiri, maka niscaya akan terbentuk suatu sinergi ketertarikan dan kekuatan, yang jika dikelola dengan benar maka akan memberikan sumbangan energi yang besar bagi penelitian UFO di BETA-UFO, dan bagi Ufologi Indonesia pada umumnya.

Bercermin dari anda sendiri, adakah jenis ketertarikan lain yang belum saya tulisakan disini? Silakan dikomentari. (bay)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar